RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah :
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami Alquran dan Hadist sebagai pedoman
hidup
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan cara memfungsikan Alquran dan Hadits
C.
tujuan
pembelajaran
- Dapat Menyebutkan cara memfungsikan Alquran
dan Hadits
- Dapat membaca ayat-ayat Alquran dan Hadits
dengan baik dan benar
- Dapat menghafal ayat-ayat pendek dan Hadits
-
Pendidikan
Karakter yang diharapkan:
§ Cinta Alquran (ilmu)
§ Tekun
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Mentaati dan menerapkan isi Alquran dan
Hadits dalam kehidupan sehari-hari
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Siswa mampu menyebutkan cara-cara
memfungsikan Alquran dan Hadits
- Siswa mampu membaca ayat-ayat Alquran dan Hadits
dengan baik dan benar
- Siswa mampu menghafal ayat-ayat pendek Alquran
dan Hadits
E.
MATERI PELAJARAN
1. Cara memfungsikan Alquran
- Alquran sebagai petunjuk
- Alquran sebagai penjelas
- Alquran sebagai pembeda antara yang hak
dan yang bathil
2. Cara memfungsikan Hadits
- Megukuhkan hukum-hukum yang telah
disebutkan dalam Alquran
- Menafsirkan ayat-ayat Alquran yang
bersifat majmul (global)
- Membatasi keumuman Alquran
- Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam
Alquran
F.
metode
pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Hafalan
G.
langkah-langkah
pembelajaran
no
|
kegiatan
pembelajaran
|
alokasi waktu
(Menit)
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
-
mengucap salam
-
merapikan kelas, menertibkan siswa dan
membaca buku absensi siswa
-
menyampaikan SK dan KD yang ingin
dicapai dan menyiapkan bahan ajar
|
10
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Menerangkan macam-macam fungsi alquran
dan hadits kepada siswa secara klasikal
-
Membacakan surat Al Baqarah (185) dan
surat Ibrahim (1)
-
Bersama siswa membaca surat Al Baqarah
(185) dan surat Ibrahim (1) serta hadits-hadits yang berhubungan dengan cara
memfungsikan alquran
Elaborasi
-
Meminta siswa menyebutkan macam-macam
fungsi Alquran dan Hadits secara acak
-
Meminta beberapa siswa untuk
membacakan potongan ayat Alquran dan Hadits secara sendiri-sendiri
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan dan
memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran
Konfirmasi
-
Memberikan apresiasi kepada siswa yang
aktif mengikuti pembelajaran
-
Mengidentifikasi/evaluasi siswa yang
tuntas/belum tuntas dalam penerimaan materi pembelajaran
-
Memaparkan pendidikan karakter yang
telah dicapai setelah menyelesaikan materi/proses pembelajaran
|
60
|
3
|
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
-
Melakukan penilaian terhadap
partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran
-
Menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
-
Salam penutup
|
10
|
H.
sumber dan media
belajar
-
Buku
Alquran dan Hadits kelas VII
-
Internet
I.
penilaian
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Cinta ilmu
§
Kebiasaan
menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi-kan kebajikan
bagi dirinya.
Mandiri
§
Mampu mencari
sumber belajar sendiri
Kreatif
§
Mendiskripsikan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§
Menjelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an
§
Menunjukkan cara
memfungsikan Hadist
§
Menggmbarkan cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
1.
Sebutkan fungsi AlQur’an
dan hadits?
2.
Kemukakan contoh
memfungsikan AlQur’an dan hadits dalam kehidupan sehari-hari!
3.
Dalam urusan apakah
kita diwajibkan musyawarah?
|
kunci
jawaban
1. Fungsi alquran adalah sebagai petunjuk,
penjelas dan pembeda antara yang benar dan yang salah.
Fungsi hadits adalah:
-
Mengukuhkan
hukum-hukum yang telah disebutkan dalam alquran
-
Menafsirkan
ayat-ayat alquran yang bersifat global
-
Membatasi
keumuman alquran
-
Menetapkan
hukum yang belum terdapat dalam alquran
2.
Contoh
memfungsikan alquran dan hadits dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
-
Menjadikan
alquran dan hadits sebagai pedoman hidup diri sendiri, keluarga, masyarakat dan
bernegara.
-
Menjadikan
alquran dan hadits sebagai pedoman dalam menyelesaikan segala masalah dengan
jalan musyawarah
3.
Kita
sebagai muslim diwajibkan selalu mengambil jalan musyawarah dalam menyelesaikan
segala urusan/masalah dalam bermasyarakat karna musyawarah merupakan jalan yang
dianjurkan dalam isi Alquran dan Hadits
J.
PEDOMAN PENILAIAN
No
|
Aspek Penilaian
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
|
Penalaran
|
Komunikasi lesan
|
§ Jawaban salah
§ Komunikatif
§ Ketepatan Jawaban
|
1
2
3
|
Komunikasi
tulis
|
§ Jawaban salah
§ Mudah dipahami
§ Ketepatan Jawaban
|
1
2
3
|
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Komunikasi
lesan
|
Komunikasi tulis
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
Nilai = skor yang dicapai x 100
skor maksimal (9)
Guru Pamong
NIP.
|
Mengetahui
|
Jepara, 11 September 2012
Mahasiswa Praktikan
NIM.
|
Dosen Pembimbing Lapangan
NIP.
|
Kepala MTs..............
NIP.
|
bermanfaat bro, thanks
BalasHapusBila anda ingin belanja online kursi jati atau ukiran dan furniture jepara, atau anda juga bisa melihat indahnya ukiran jepara yang fenomenal, untuk anda jadikan pilihan karena ada harga mebel murah dari kami, set meja makan yang cantik atau almari minimalis juga tersedia di toko mebel jati kami, tunggu apalagi segeralah hubungi www.jeparaapik.com.