Selasa, 19 Maret 2013

Contoh RPP (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi) mapel Alquran Hadits untuk PPL mahasiswa Praktikan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah                      : 
Mata Pelajaran             :  Al-Qur’an Hadist
Kelas / Semester           :  VII / 1
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit

A.          Standar Kompetensi  
1. Memahami Alquran dan Hadist sebagai pedoman hidup
B.           Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan cara memfungsikan Alquran dan Hadits
C.          tujuan pembelajaran
-       Dapat Menyebutkan cara memfungsikan Alquran dan Hadits
-       Dapat membaca ayat-ayat Alquran dan Hadits dengan baik dan benar
-       Dapat menghafal ayat-ayat pendek dan Hadits
-       Pendidikan Karakter yang diharapkan:
§  Cinta Alquran (ilmu)
§  Tekun
§  Mandiri
§  Kreatif
§  Mentaati dan menerapkan isi Alquran dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
-       Siswa mampu menyebutkan cara-cara memfungsikan Alquran dan Hadits
-       Siswa mampu membaca ayat-ayat Alquran dan Hadits dengan baik dan benar
-       Siswa mampu menghafal ayat-ayat pendek Alquran dan Hadits
E.           MATERI PELAJARAN
1.    Cara memfungsikan Alquran
-       Alquran sebagai petunjuk
-       Alquran sebagai penjelas
-       Alquran sebagai pembeda antara yang hak dan yang bathil
2.    Cara memfungsikan Hadits
-       Megukuhkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Alquran
-       Menafsirkan ayat-ayat Alquran yang bersifat majmul (global)
-       Membatasi keumuman Alquran
-       Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Alquran
F.           metode pembelajaran
-       Ceramah
-       Tanya Jawab
-       Hafalan
G.          langkah-langkah pembelajaran
no
kegiatan pembelajaran
alokasi waktu
(Menit)
1
Kegiatan Pendahuluan
-       mengucap salam
-       merapikan kelas, menertibkan siswa dan membaca buku absensi siswa
-       menyampaikan SK dan KD yang ingin dicapai dan menyiapkan bahan ajar
10
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
-       Menerangkan macam-macam fungsi alquran dan hadits kepada siswa secara klasikal
-       Membacakan surat Al Baqarah (185) dan surat Ibrahim (1)
-       Bersama siswa membaca surat Al Baqarah (185) dan surat Ibrahim (1) serta hadits-hadits yang berhubungan dengan cara memfungsikan alquran
Elaborasi
-       Meminta siswa menyebutkan macam-macam fungsi Alquran dan Hadits secara acak
-       Meminta beberapa siswa untuk membacakan potongan ayat Alquran dan Hadits secara sendiri-sendiri
-       Memberikan pertanyaan-pertanyaan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran
Konfirmasi
-       Memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif mengikuti pembelajaran
-       Mengidentifikasi/evaluasi siswa yang tuntas/belum tuntas dalam penerimaan materi pembelajaran
-       Memaparkan pendidikan karakter yang telah dicapai setelah menyelesaikan materi/proses pembelajaran
60
3
Kegiatan Penutup
-       Menyimpulkan materi pembelajaran
-       Melakukan penilaian terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran
-       Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
-       Salam penutup
10
H.          sumber dan media belajar
-       Buku Alquran dan Hadits kelas VII
-       Internet
I.             penilaian
Nilai  Budaya & Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Cinta ilmu
§  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi-kan kebajikan bagi dirinya.
Mandiri
§  Mampu mencari sumber belajar sendiri
Kreatif
§  Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri
§  Menjelaskan  cara memfungsikan Al-Qur’an
§  Menunjukkan cara memfungsikan Hadist
§  Menggmbarkan cara   memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
Tes Lisan
Uraian
1.     Sebutkan fungsi AlQur’an dan hadits?

2.     Kemukakan contoh memfungsikan AlQur’an dan hadits dalam kehidupan sehari-hari!

3.     Dalam urusan apakah kita diwajibkan musyawarah?
kunci jawaban
1.    Fungsi alquran adalah sebagai petunjuk, penjelas dan pembeda antara yang benar dan yang salah.
Fungsi hadits adalah:
-          Mengukuhkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam alquran
-          Menafsirkan ayat-ayat alquran yang bersifat global
-          Membatasi keumuman alquran
-          Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam alquran
2.    Contoh memfungsikan alquran dan hadits dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
-            Menjadikan alquran dan hadits sebagai pedoman hidup diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bernegara.
-            Menjadikan alquran dan hadits sebagai pedoman dalam menyelesaikan segala masalah dengan jalan musyawarah
3.    Kita sebagai muslim diwajibkan selalu mengambil jalan musyawarah dalam menyelesaikan segala urusan/masalah dalam bermasyarakat karna musyawarah merupakan jalan yang dianjurkan dalam isi Alquran dan Hadits
J.            PEDOMAN PENILAIAN
No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor

Penalaran
Komunikasi lesan
§  Jawaban salah
§  Komunikatif
§  Ketepatan Jawaban
1
2
3
Komunikasi tulis
§  Jawaban salah
§  Mudah dipahami
§  Ketepatan Jawaban
1
2
3



No
Nama Siswa
Performan
Jumlah Skor
Nilai
Komunikasi lesan
Komunikasi tulis
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.





Nilai =  skor yang dicapai   x 100
                         skor maksimal (9)



Guru Pamong



NIP.
Mengetahui
Jepara, 11 September 2012

Mahasiswa Praktikan



NIM.


Dosen Pembimbing Lapangan



NIP.

Kepala MTs..............



NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar